April 21, 2013
0
Hampir semua pengguna komputer mengetahui cara menggunakan mouse pada komputer, tapi tidak banyak yang tahu manfaat mouse. Hampir semua jenis mouse memiliki 3 buah tombol. Tombol kiri, tombol kanan dan tombol scroll yang ada di tengah. Untuk tombol scroll biasanya hanya di gunakan untuk melakukan scrolling halaman, baik pada saat berinternet maupun mengerjakan sesuatu dengan komputer kita. Padahal ternyata sebenarnya..ada beberapa fungsi penting dan tersembunyi dari tombol scroll mouse yang bisa anda manfaatkan. Berikut akan saya ulas beberapa hal yang bisa anda gunakan dengan memanfaatkan tombol scroll mouse yang sering dilupakan atau bahkan tidak mengetahuinya :


1. Fungsi Scroll Mouse sebagai scroll atau tombol gulir
Scroll sebagai tombol gulir tentu saja hampir semua orang yang sering bergelut dengan komputer sudah mengetahui fungsi yang satu ini bahwa dengan cara memutar tombol scroll maka layer yang tampil akan terseret kebawah dan ke atas baik pada browser maupun pada beberapa lembar kerja seperti microsof office, dan lain-lain.


2. Fungsi Scroll Mouse untuk Zoom In (memperbesar) dan zoom Out (memperkecil) obyek

Fungsi yang satu ini dapat anda temukan pada aplikasi desain grafis seperti corel, photoshop, autodesk, autocad, dan lain-lain, yakni dengan cara memutar scroll ke depan dan kebelakang. Namun hal ini juga dapat anda lakukan pada browser dan microsoft office dengan cara menekan control (ctrl) terlebih dahulu lalu memutar scroll pada mouse.


3. Fungsi Scroll Mouse dalam membuka menutup tab pada browser.

Untuk membuka link pada tab baru biasanya kita menggunakan klik kanan lalu mengklik “Open link in New Tab“, sebenarnya anda dapat melakukan hal ini dengan satu klik yakni dengan mengklik link dengan menggunakan scroll maka link tersebut akan terbuka pada tab baru. Sementara untuk menutup tab, anda tdk perlu mengarahkan cursor anda ke tanda X (silang) pada tab tersebut, tetapi cukup dengan mengklik tab tersebut dengan menggunakan scroll maka otomatis tab tersebut akan tertutup.


4. Fungsi Scroll Mouse sebagai tombol gulir ke kiri, kanan, atas dan bawah secara cepat.

Coba sekarang anda menekan scoll anda dan tidak melepasnya, maka akan tampak fitu scroll yang bisa anda arahkan ke atas dan ke bawah secara cepat dengan cara mengeser mouse anda tanpa melepasnya ke atas dan ke bawah maka layer atau tampilan anda akan secara fleksibel bergeser ke atas dan ke bawah secara cepat. begitu pula pada tampilan window yang lebih lebar maka fitur scoll ini akan tampil 4 arah yanki atas, bawah, kiri dan kanan.



5. Fungsi Scroll Mouse dalam mengatur volume player musik.

Pada umumnya volume dari player musik seperti Winamp, K-Lite, Real One, dan lain-lain dapat anda atur dengan menggunakan Fungsi Scroll Mouse ini, yaitu dengan cara memutar ke depan dan ke belakang.


6. Fungsi Scroll Mouse dalam membuka semua link dalam folder bookmark

Bagi anda yang suka mem-bookmark sebuah link, coba dari sekarang kelompokkan link bookmark tersebut dalam sebuah folder. Caranya, Klik kanan pada batang bookmark–> lalu klik new folder–> selanjutnya geser beberapa link bookmark ke folder yang baru saja anda buat. Nah, untuk membuka semua link yang ada dalam folder tersebut, cukup anda gunakan scroll mouse dengan cara mengklik scroll mouse pada folder yang telah anda buat tadi, maka secara otomatis semua link yang ada di folder tersebut akan terbuka.


Demikianlah beberapa Fungsi unik dari Scroll Mouse yang sering kita sepelekan dan jarang diketahui. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan akan Fungsi Scroll Mouse.

Semoga Bermanfaat "Indahnya Berbagi Pengetahuan"

0 komentar:

Posting Komentar